EMPAT ASPEK DALAM KEMAHIRAN BERBAHASA
Empat kemahiran berbahasa adalah empat aspek utama dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa, iaitu:
Membaca (القراءة): Kemampuan untuk memahami dan menginterpretasikan teks tertulis dalam bahasa dipelajari.
Menulis (الكتابة): Kemampuan untuk menyampaikan pendapat dan idea dalam bahasa dipelajari secara tulisan.
Mendengar (الاستماع): Kemampuan untuk memahami dan menginterpretasikan bahan yang didengar dalam bahasa dipelajari.
Bertutur (الكلام): Kemampuan untuk menyampaikan pendapat atau idea secara lisan dalam bahasa yang ingin dipelajari.
Keempat kemahiran berbahasa tersebut merupakan keterampilan yang mempunyai hubungkait dan mampu mempengaruhi satu sama lain. Dalam proses belajar bahasa, pengembangan kemahiran tersebut harus dilakukan secara bersepadu dan seimbang.
Dalam setiap kemahiran, terdapat keterampilan yang perlu dikembangkan seperti:
Membaca: mengenali kata-kata, memahami makna, mengidentifikasi informasi utama, dan memahami struktur teks.
Menulis: memahami tata bahasa, menguruskan idea, memilih kata-kata yang tepat, dan menulis dengan gaya yang jelas dan mudah difahami.
Mendengar: memahami kata-kata dan maklumat yang disampaikan, memahami konteks, mengenali intonasi dan jeda dan memahami implikasi yang terkandung apa yang diungkapkan.
Berbicara: mengucapkan kata-kata dengan benar, menggunakan tata bahasa yang tepat, menguruskan idea dengan baik, dan mengekspresikan diri dengan cara yang jelas dan tepat.
Kemampuan dalam keempat-empat kemahiran berbahasa penting bagi pembelajar bahasa dalam mengembangkan kemampuan komunikasi yang efektif dalam bahasa yang ingin dipelajari.
No comments:
Post a Comment